Berbagi informasi untuk kecerdasan bersama

9 Hal Wajib Diketahui oleh Orang tua

SEBAGAI orang tua, kita sering menuntut si anak untuk belajar, hal itu nampak wajar tetapi orang tua juga harus memahami bagaimana si anak belajar. Berikut ini ada 9 hal yang harus diketahui setiap orang tua didalam memberikan pendidikan si anak agar belajar dengan baik.

– Pendidikan memerlukan dukungan, dan dukungan itu haruslah berkelanjutan. Mulai si anak masih bayi atau didalam kandungan hingga si anak menuntut ilmu di perguruan tinggi atau bahkan hingga ke jenjang Phd.

– Anda adalah contoh panutan dalam hidup anak-anak anda, termasuk bagaimana anda mencintai ilmu.


– Perlu diketahui bahwa pendidikan memerlukan modal yang banyak dari segi waktu, uang serta dukungan moral dan psikologi, tetapi bagaimana anda bisa mengaturnya.

– Jangan terlalu membandingkan apa yang telah anak anda capai dengan orang lain.

– Untuk membantu proses pendidikan, orang tua harus bisa memahami beberapa aspek utama perkembangan pendidikan anak, seperti mengetahui bakat atau kemauan si anak.

– ‘Kekuasaan’ sebagai Ibu dan Ayah, kekuasaan anda itu harus digunakan dengan bijaksana, khususnya dalam proses perkembangan pendidikan anak. Misal buatlah aturan jadual belajar, waktu bermain, dan lain-lain.

– Komunikasi dengan anak-anak sepatutnya terus dilakukan antara si anak dengan orang tua khususnya mengenai perkembangan pelajaran si anak di sekolah.

– Jangan membandingkan perkembangan anda dengan perkembangan anak anda, karena banyak sekali perubahan atau rintangan dan tantangan yang dihadapi oleh anak kita itu berbeda saat kita seumur dia.

– Didalam membantu proses perkembangan pendidikan si anak, orang tua harus senantiasa membuka saluran komunikasi dengan hati yang lapang atau terbuka.

Sumber : f-buzz.com

“Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s